Apa yang dimaksud dengan Server

Hidup di era kini, beberapa perangkat elektronik yang biasa kita gunakan terhubung dengan Server. Seperti penggunaan Handphone, mesin  ATM yang biasa kita pakai, mengesek kartu, check in tiket di Bandara, mengakses internet dari warnet dan lain lainya, semua sistem informasi seperti contoh tadi  selalu terkoneksi ke server.


Pengertian Server (Indonesia: peladen) adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.(http://id.wikipedia.org)

Jenis Server :
1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

Fungsi server :
 

1. Server Aplikasi
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.

2. Server Proxy
Berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

2 comments:

  1. mantap mas brow. izin copy yaa. .

    harap kunjungan balik mas di
    www.skpantim.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.