Beda Hub, Switch Dan Router, Ini nih!!

Pernah  mendengar atau mungkin melihat HUB, SWITCH DAN ROUTER ? Kali nih japung mencoba untuk  posting apa dan perbedaan antara ketiganya , langsung aja,

HUB
 

Hub : Alat penghubung pada jaringan komputer dari server/modem ke beberapa user, hanya hub hanya bertugas membagi tanpa ada proses di dalamnya, sehingga sering terjadi collision/tabrakan.
SWITCH



Switch : alat penghubung bentuk sama persis dengan hub. hanya saja switch mempunyai proses dalam pembagian data ke user2 dan tidak akan terjadi collision, sehingga kerja switch lebih baik dan lebih cepat dari hub.

ROUTER

Router adalah alat yg dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Pada dasarnya router adalah sebuah alat pada jaringan komputer yang bekerja di network layer pada lapisan OSI. Pada router terdapat routing table yaitu tabel yang berisi alamat-alamat jaringan yang dibutuhkan untuk menentukan tujuan dari paket-paket data yang akan dilewatkan .
Router sendiri terdiri dari dua macam yaitu buatan dari vendor dan memanfaatkan komputer yang kita miliki dirumah untuk dijadikan router. Beberapa vendor router yang ada dipasaran adalah Cisco, 3com dan lain-lain. PC router (Personal Computer router) yaitu PC yang berfungsi sebagai router dengan menjalankan sistem operasi yang memiliki kemampuan meneruskan paket dari jaringan satu ke jaringan yang lain.

Jadi router berbeda dgn hub atau switch, hub/switch fungsinya sebagai pembentuk sebuah jaringan LAN.


2 comments:

Powered by Blogger.